Tips Membuat Curriculum Vitae
KawandNews.com - Lowongan kerja biasanya menawarkan peluang karir yang menarik. Jika Anda memutuskan untuk melamar pada salah satu posisi yang ditawarkan, siapkan resume atau riwayat hidup Anda secara fungsional. Yaitu, menekankan kualifikasi Anda terhadap tugas-tugas pada posisi yang Anda lamar. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk membuat sebuah resume sesuai dengan target posisi yang diinginkan.
Langkah 1
Pahami terlebih dahulu daftar persyaratan yang terdapat pada iklan lowongan. Carilah informasi lengkap berkaitan dengan deskripsi pekerjaan dengan meninjau semua fungsi dan jenis tugas yang akan dijalankan. Mintalah pendapat dari rekan-rekan Anda yang bekerja pada bagian atau departemen yang sama, atau yang telah memiliki pengalaman pada bidang tersebut. Anda juga dapat berkonsultasi pada seminar-seminar yang diadakan untuk umum, atau cara termudah adalah, mendapatkan informasi luas dan lengkap melalui fitur internet.
Langkah 2
Targetkan tujuan resume Anda ke posisi yang Anda lamar. Gunakan satu atau dua kalimat untuk mengekspresikan minat Anda pada posisi tersebut. Cantumkan salah satu atau beberapa jabatan terkait yang pernah Anda jalankan, serta berikan penjelasan bagaimana Anda dapat menjalankan tanggung jawab pada jabatan tersebut, sehingga dapat memberikan kualitas terbaik dan menguntungkan perusahaan tempat Anda bekerja.
Langkah 3
Lengkapi ringkasan kualifikasi Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Cantumkan juga kelebihan lainnya atau beberapa kualifikasi keterampilan fungsional pada resume. Urutkan dari mulai yang paling memiliki keterkaitan pada bidang yang sama, hingga jenis jabatan yang berbeda. Anda juga perlu untuk memuat beberapa penjelasan tentang keberhasilan Anda di posisi tersebut. Misalnya, dengan menuliskan hal-hal yang memberikan perubahan atau gagasan cemerlang, sehingga dapat membuat sebuah terobosan baru bagi perusahaan tempat Anda pernah bekerja sebelumnya. Atau juga bisa dicantumkan, dengan proses kenaikan jabatan atau jenjang karir yang telah didapat.
Langkah 4
Daftar riwayat pekerjaan Anda. Pastikan untuk mengulas secara garis besarnya, dilengkapi dengan poin penting seperti detil jabatan, nama perusahaan atau organisasi, serta periode masa kerja.
Langkah 5
Tambahkan bagian untuk afiliasi profesional atau kegiatan non formal lainnya yang berkaitan dengan posisi tersebut.
Langkah 6
Sertakan latar belakang pendidikan Anda, dilengkapi dengan nama universitas atau sekolah, periode pembelajaran, gelar studi, dan bidang yang di ambil. Sertakan juga daftar prestasi atau penghargaan khusus yang pernah Anda terima di akademis.
Posted by Captcharea
on 20:08. Filed under
Tips Bermanfaat
.
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0.
Feel free to leave a response