|

Pengertian Tentang Eksteroior Unggas

Kawandnews.com - Aves adalah vertebrata yang dapat terbang karena mempunyai sayap yang merupakan modifikasi anggota gerak anterior. Kaki pada aves digunakan untuk berjalan, bertengger, dan berenang. Karakteristik tengkorak meliputi tulang–tulang tengkorak yang menyatu dengan kuat pada paruh yang dibuat dari zat tanduk. Aves tidak bergerigi. Mata besar kondil oksipental tunggal. Telinga tengah mempunyai sebuah osikel auditori. Ada sebuah meatur auditori eksternal (Mufarid, 1997).
Eksterior unggas meliputi caput, colum, truncus, dan cauda. Caput relatif kecil terdiri dari: rostrum yang dibentuk oleh maksila dan mandibula, nares anteriores dan organon visus yang dikelilingi oleh kulit yang berbulu dan porus akustikus eksternus. Colum atau servix panjang mudah digerakkan keberbagai jurusan, di selubungi bulu. Truncus diselubungi bulu. Cauda pendek sekali dan biasa dikenal dengan urpygium (Radiopoetro, 1988).

Bentuk luar columba livia terdiri dari:
• Badan terdiri atas caput, collum atau servix, truncus dan cauda.
• Caput relatif kecil, padanya terdapat:

  1. Rostrum atau paruh yang dibentuk oleh maxilla dan mandibula.
  2. Nares terletak pada bagian lateral rostrum bagian atas.
  3. Cera ialah tonjolan kulit yang lunak pada basis rostrum bagian atas.
  4. Organon visus, dikelilingi oleh kulit yang berbulu. Padanya antara lain iris yang berwarna kuning atau jingga kemerah-merahan. Juga terdapat pupil yang relatif besar dibandingkan dengan besarnya mata. Sedang membrana nictitans terdapat pada sudut medial mata.
  5. Porus acusticus externus (lubang telinga luar), terletak disebelah dorso caudal mata. Membrana tympani terdapat didalamnya dan berguna untuk menangkap getaran suara.


• Collum atau servix panjang, mudah digerakkan ke berbagai jurusan, diselubungi bulu.
• Truncus diselubungi oleh bulu.
• Cauda pendek sekali dan biasa dikenal dengan uropygium. Bulu-bulu yang menutupi cauda disebut retrices.
• Pergerakan utama dijalankan oleh sayap dan kaki.
• Pada kaki terdapat digiti (Radiopoetro,1996).

Menurut letaknya, bulu-bulu dapat digolongkan menjadi beberapa macam yaitu: remigres, retrices, tectrices, parapterium, alula ala spuria. Remigres adalah bulu bulu yang terdapat pada sayap bulu ini asimetris dan berguna untuk terbang. Menurut tempat melekatnya pada sayap, remigres ini dibedakan atas: remigres primer, terdapat pada digiti dan metacarpalia. Yang kedua remigres sekunder, terdapat pada daerah ulna. Yang terakhir remigres tertier, terdapat pada daerah humerus, tetapi remigres tertier ini pada Columba livia tidak ada (Radiopoetro, 1996).




Posted by Anggar Tombak on 21:03. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Pengertian Tentang Eksteroior Unggas"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented