|

Yang Unik Tentang si Cacing Tanah

 
KawandNews.com - Siapa yang tidak mengenal cacing tanah. Hewan yang termasuk dalam filum Annelida ini khas dengan segmen-segmen yang memenuhi tubuhnya. Cacing tanah sering kali kita jumpai pada tanah-tanah lembap dan basah. Menyisakan casting (kotoran cacing) di sekitarnya. Namun, tahukan anda terdapat banyak fakta unik tentang cacing tanah? Berikut beberapa fakta unik tentang cacing tanah :
  1.  Lubang yang di buat cacing tanah dapat membantu menggemburkan tanah. Sehingga sirkulasi udara dan air tanah menjadi baik.
  2. Makanan cacing tanah adalah makhluk hidup yang sudah mati.
  3. Tubung cacing tanah yang akan bertahan hidup jika terpotong adalah tubuh yang memiliki bagian kepala.
  4. Spesies cacing tanah yang hidup di bumi mencapai 3000 spesies.
  5. Merupakan salah satu hewan yang memiliki alat kelamin ganda (laki-laki dan perempuan) pada satu tubuh. Namun demikian untuk berkembang biak dan menghasilkan keturunan, mereka tetap memrlukan cacing lainnya.
  6. Cacing adalah hewan yang buta dan tuli.
  7. Alat pernapasan pada cacing tanah adalah kulitnya, bukan paru-paru. Dengan cara pertukaran gas pada permukaan kulit tersebut.
  8. Terdapat satu hingga lima pasang hati pada satu cacing tanah.
  9. Tubuh cacing tersusun dari 80 persen air.
  10. Beberapa spesies cacing memiliki umur panjang, mencapai 15 tahun. Namun beberapa spesies pula hanya bisa hidup 3-4 tahun saja.
  11. Cacing tanah juga bisa di jadikan sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit, di antaranya adalah tifus, stroke, hipertensi, melancarkan sirkulasi darah, dan maag.
  12. Cacing tanah lebih sering keluar ke permukaan  tanah ketika tanah dalam keadaan lembap/basah/setelah hujan. Kondisi ini menguntungkannya karena terasa lebih sejuk dan bersahabat.
Demikian beberapa fakta unik dan menarik pada cacing tanah yang tidak di jumpai pada hewan lainnya.

(EW).




Posted by Eni Winarti on 13:37. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Yang Unik Tentang si Cacing Tanah"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented