|

Sejarah Ponsel Oleh Martin Cooper











KawanNews.com - Ponsel memang tidak lepas dengan kehidupan jaman modern saat ini. Hal itu terbukti dengan berkembang nya teknologi alat genggam yang satu ini. Dan tahun ini sejumlah pabrikan handphone memang tengah subur dimana kian giat nya konsumen yang haus akan teknologi terkini dalam kehidupan.

Dan taukah anda kapan ponsel pertama di ciptakan. Sekarang tim KawanNews akan berbagi tentang bapak dari kelahiran ponsel. Saat  3 April 1973 di kota Manhattan, Amerika Serikat, seorang insinyur Motorola bernama Martin Cooper melakukan panggilan pertama dengan telepon seluler dengan percakapan sebagai berikut.

"Joel, ini Martin. Saya menelepon Anda dari telepon seluler. Telepon seluler portabel nyata dalam genggaman," kata Cooper kepada teman sekaligus pesaingnya, Joel Engel, yang bekerja sebagai kepala riset di Bell Lebs.

Demikianlah percakapan pertama yang dilakukan manusia melalui telepon seluler atau kini dikenal sebagai ponsel. Cooper menelepon dengan ponsel Motorola DynaTAC 8000x yang berukuran besar dan bobotnya mencapai 2,5 kg. Bobot yang jauh berbeda dengan ponsel modern saat ini yang bahkan hanya sekitar 100 gram dalam versi mini ponsel.

Ponsel masa kini digunakan bukan sekadar untuk menelepon atau mengirim pesan singkat saja. Fungsinya makin cerdas dan biasa di sebut dengan SmarPhone. Saat ini beragam SmartPhone di jual bebas di pasaran dengan berbagai OS. 

Dan yang menjadi OS untuk SmartPhone saat ini seperti Android (Google), iOS (Apple), Belle (Nokia), Windows (Microsoft), Symbian (Sym), BlackBerry (RIM). Dari sekian banyak OS tersebut, bisa untuk menjalankan beragam aplikasi yang mendukung produktivitas kerja manusia modern saat ini.

Martin Cooper sendiri yang kerap disapa Marty, dikenal sebagai "bapak ponsel" karena memelopori kelahiran industri komunikasi nirkabel. Lahir di Ukraina pada 26 Desember 1928, kemudian ia hijrah ke Chicago, Illinois, AS.

Ia bergabung dengan Motorola pada 1954 sebagai insinyur yang mengembangkan peralatan telekomunikasi bergerak. Visinya dalam teknologi ponsel pertama kali disusun pada akhir tahun 1960, ketika telepon mobil diciptakan oleh perusahaan telekomunikasi AT&T.

referensi : kompas.com




Posted by Unknown on 04:08. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Sejarah Ponsel Oleh Martin Cooper"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented