|

Mitos Seputar Kembang Kuku / Bunga Kuku


KawandNews.com - Pernah tidak anda mengalami bintik-bintik atau menyerupai garis putih pada salah satu atau beberapa kuku anda? Biasanya yang sering mengalaminya adalah anak-anak kecil yang duduk di bangku SD atau SMP, tetapi tak jarang para remaja/ dewasa juga mengalaminya. Sebenarnya itu apa, sih?

Ada orang yang menyebutnya dengan sebutan kembang/ bunga kuku, bahkan dulu jika anda masih ingat ada mitos-mitos seputar kembang/ bunga kuku tersebut, contohnya seperti jika kembang kuku ada di kuku jari sebelah kanan berarti ada yang sedang suka/ naksir dengan anda, atau sebaliknya jika kembang kuku ada di kuku jari sebelah kiri berarti sedang ada yang tidak suka/ membenci anda. Yah namanya juga mitos. Tapi apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya kembang/ bunga kuku?

Kondisi seperti ini disebut dengan leukonychia, dimana muncul bintik-bintik putih pada kuku, leukonychia sendiri berasal dari bahasa Yunani ‘leuko’ yang berarti putih dan ‘onyx’ yang berati kuku. Penyebab paling umum adalah cedera pada pangkal kuku (matriks) di mana kuku terbentuk. Hal ini tidak berbahaya dan paling sering disebabkan oleh cedera ringan yang terjadi ketika kuku tumbuh. Tidak ada pengobatan yang efektif untuk leukonychia ini. Tanda putih dan bintik-bintik secara bertahap akan menghilang seiring dengan pertumbuhan kuku. Leukonychia ada 4 jenis, yaitu leukonychia totalis, leukonychia partialis, leukonychia striata, dan leukonychia punctata.

Leukonychia Totalis


Kondisi ini merupakan terjadinya pemutihan pada seluruh kuku. Hal ini mungkin disebabkan Hipoalbuminemia (rendah albumin), yang disebabkan oleh sindrom nefrotik (suatu bentuk gagal ginjal), gagal hati, protein malabsorpsi dan kehilangan protein enteropathies. Sebuah kondisi genetik, dan efek samping dari sulfonamid, antibiotik juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Leukonychia Partialis


Kondisi ini merupakan terjadinya pemutihan pada sebagian kuku. Umumnya ditandai dengan titik putih. Ada beberapa jenis dalam kondisi ini.

Leukonychia Striata


Kondisi ini mungkin disebabkan oleh sirosis, kemoterapi, atau cedera pada matriks kuku fisik (misalnya, terjepit pada saat menutup pintu mobil). Atau bisa juga disebabkan oleh arsenik, timbal, atau keracunan logam berat lainnya. Dalam kasus lain, dapat dikaitkan dengan trauma, atau berbagai penyakit sistemik. Pada banyak pasien, tidak ada penyebab yang jelas, dan garis-garis dapat menghilang secara spontan.

Leukonychia Punctata


Ini adalah bentuk paling umum dari leukonychia, di mana bintik-bintik putih kecil muncul pada kuku. Menggigit kuku adalah penyebab utama yang terjadi pada anak-anak. Dalam kebanyakan kasus, ketika bintik-bintik putih muncul pada satu atau beberapa jari tangan atau kaki, penyebab paling umum adalah cedera pada dasar (matriks) kuku. Bila hal ini terjadi, bintik-bintik putih baru akan menghilang setelah sekitar delapan minggu, yang merupakan jumlah waktu yang diperlukan untuk kuku untuk tumbuh kembali sepenuhnya.

Semoga info di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita, ya. (ruby)

referensi : wikipedia




Posted by Unknown on 22:41. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Mitos Seputar Kembang Kuku / Bunga Kuku"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented