|

Menggunakan Leptop dengan atau Tidak Memakai Baterai

KawandNews.com - Mungkin banyak teman-teman yang bertanya, bagusnya menggunakan laptop itu memakai baterai atau tidak? Nah ini  pun pernah saya alami. Sewaktu saya baru memiliki laptop dan saya menggunakan laptop saya sambil di colokin kabel powernya dengan tujuan biar sambil ngecharge baterai, tapi teman kost saya yang kebetulan maen ke kamar ngomong gini, "jangan dipake laptopnya kalo lagi dicharge baterainya, biar baterainya gak cepet rusak". Karena saya bingung dan gak ngerti jadi saya nurutin apa kata temen kost saya itu.
Trus di lain waktu, temen kost yang lain maen ke kamar saya, dan doi ngomong gini, "kalo gunain laptop jangan langsung di colokin, ntar ngerusak komponen-komponen laptop lho, harus pake batere". Nah di saat itu saya makin bingung. Dua orang temen dari jurusan Ilmu Komputer memberi masukan yang bener-bener berbeda, saya yang notebene kuliahnya tidak berhubungan dengan Ilmu komputer alias asal pake ini makin bingung dan makin acuh tak acuh dengan laptop saya.

Seiring berjalannya waktu saya mengerti juga apa yang dimaksudkan oleh teman-teman saya tersebut. Saya dapat mengambil kesimpulan berdasarkan masukan dari teman-teman saya dan pengalaman saya sendiri. Berikut tips yang saya dapat setelah pengalaman rusaknya tiga notebook/netbook saya. :p

Sebelum ke solusinya, saya memberikan gambaran/penjelasan terlebih dahulu, (IMO)
  1. Baterai laptop selain berfungsi sebagai penyimpan daya, baterai juga berfungsi sebagai penyesuai tegangan yang akan menyebarkan daya sesuai kebutuhan laptop. 
  2. Menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai, akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen laptop, hal tersebut disebabkan karena arus listrik yang diterima akan sangat berlebihan. Sekalipun menggunakan Stabiliser/UPS, listrik akan tetep langsung menghantam komponen-komponen tanpa penyesuai tegangan.
  3. Listrik ditempat saya khususnya dan di-Indonesia umumnya sangatlah tidak stabil, kadang tinggi , kadang rendah banget bahkan kadang-kadang sering byar pet. Nah ini sangatlah merusak komponen-komponen elektronik.
  4. Kalau menggunakan baterai namun power dicolokin akan menyebabkan baterai yang cepat rusak.
Jadi bagaimana solusinya?

Laptop/Notebook/Netbook merupakan alat elektronik yang sangat penting hampir bagi seluruh orang, maka dari itu memerlukan perhatian dalam penggunaannya. yang perlu dilakukan dalam penggunaannya yaitu : 
  1. Charge baterai samapi full dan jangan digunakan. Hal ini bertujuan agar tidak cepat merusak baterai itu sendiri.
  2. Ketika sudah full baru gunakan dengan melepaskan kabel power dari laptop dan tetap menggunakan baterai. Hal ini untuk menghindari sentuhan listrik langsung ke komponen-komponen laptop.
Kalaupun mentok karena keperluan mendadak, tetap gunakan baterai, kalau baterai drain, charge batere dengan cara seperti ini :
  1. Colok kabel power pada saat kondisi laptop mati. Setelah dicolokin baru kemudian dihidupkan.
  2. Ketika baterai sudah full, untuk terus menggunakannya jangan langsung cabut kabel power, namun matikan leptop secara sempurna terlebih dahulu. Tapi perlu di ingat, semea dokumen telah disave, biar data-data tidak hilang. :D
  3. Setelah mati secara sempurna barulah cabut kabel power dari leptop. Kemudian hidupkan kembali leptop untuk melanjutkan pekerjaan.
  4. Ketika baterai sudah drain kembali, jangan langsung dicolokin kabel powernya tapi dimatikan secara sempurna terlebih dahulu. 
  5. Setelah itu baru dicolokin kabel powernya. 
Ribet? emang, tapi inilah cara yang saya dapat. :p 
Buat teman-teman yang mau share pengalamannya silahkan share disini dengan cara memberikan comment kalian, kita bahas bersama, kali aja ada cara yang lebih baik dalam merawat Laptop/Notebook/Netbook kita. | ruby





Posted by Unknown on 21:04. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Menggunakan Leptop dengan atau Tidak Memakai Baterai"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented