|

Tentang Gerhana Bulan Sebagian yang akan Terlihat di Indonesia 4 dan 6 Juni Besok

KawandNews.com - Gerhana Bulan Sebagian dan Transit Venus - Pada tanggal 4 Juni 2012 akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian yang dapat diamati dari sebagian besar wilayah Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia Timur, Asia Tenggara serta sebagian kecil Asia Selatan bagian Timur. Sementara di Asia bagian barat, Afrika, dan Eropa tidak dapat menyaksikannya.


Untuk di wilayah Indonesia tersendiri, terkecuali di bagian Timur Papua, pengamat di sebagian besar wilayah Indonesia tidak akan dapat mengamati proses awal gerhana ini karena gerhana sedang berlangsung pada saat Bulan terbit.
Gerhana Bulan Sebagian atau GBS ini akan terjadi pada 4 Juni 2012 setelah matahari terbenam hingga pukul 19:06 WIB saat penumbra mulai meninggalkan lingkaran bulan. Berikut tahapan dan waktu gerhana bulan sebagian 4 juni 2012:
- Penumbra mulai terlihat pada pukul 15:48 WIB
- Umbra mulai masuk pada pukul 16:59 WIB
- Puncak GBS pada pukul 18:03
- Umbra mulai selesai pukul 19:06 WIB
- Penumbra mulai tak terlihat pukul 20:18 WIB.

Gerhana bulan ini merupakan gerhana bulan pertama di tahun 2012 dan sekali lagi dapat dilihat dari wilayah Indonesia, jadi jangan lewatkan momen ini. Semoga saja pada saat tanggal itu langit sedang keadaan cerah sehingga kita bisa menyaksikan gerhana bulan sebagian tersebut.

2 hari kemudian, tepatnya pada tanggal 6 Juni 2012 akan terjadi transit Venus di mana ini merupakan Transit Venus terakhir abad ini. Transit venus adalah dimana keadaan planet venus akan berada di antara di antara Matahari dan Bumi. Tapi, meskipun ukuran Venus dan Bumi itu hampir sama, jaraknya yang sangat jauh menyebabkan kita hanya melihat Venus seperti titik yang melintasi piringan Matahari. Untuk lebih jelas dan waktu transit venus itu sendiri silakan kalian menuju link ini.

Semoga artikel mengenai persitiwa gerhana bulan sebagian dan transit venus ini bermanfaat bagui kita semua. Dan jangan lewatkan kedua momen langka ini ya.
sumber: http://www.tituitbom.com/2012/05/4-dan-6-juni-gerhana-bulan-sebagian-dan.html




Posted by Anggar Tombak on 13:37. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



1 komentar for "Tentang Gerhana Bulan Sebagian yang akan Terlihat di Indonesia 4 dan 6 Juni Besok"

  1. http://www.bcablogcompetition.com/index.php/daftar?ref=home

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented