|

Latihan Pliometrik Single Leg Speed Hop

KawandNews.com - Ada latihan Pliometrik Double Leg Speed Hop tentunya juga ada Latihan pliometrik single leg speed hop,  Latihan pliometrik single leg speed hop merupakan bentuk latihan untuk meningkatkan power otot tungkai dengan gerakan melompat ke depan dengan satu kaki dan mendarat dengan kaki yang sama.

M. Furqon H. & Mucshin Doewes (2002: 35) menyatakan, “Latihan pliometrik single leg speed hop hampir sama dengan latihan pliometrik doubel leg speed hop, tetapi hanya dilakukan dengan satu tungkai. Latihan ini membutuhkan beban lebih untuk otot pinggul, tungkai dan punggung bagian bawah, dan juga melibatkan otot-otot yang menyeimbangkan lutut dan ankle”.

Sedangkan anatomi gerakan pliometrik single leg sped hop menurut Radcliffe & Farentinos (1985:13) yaitu:
1) Fleksi paha, melibatkan otot-otot sartorius, illacus dan gracilis

2) Ekstensi lutut, melibatkan otot-otot tensor fasciae latae, vastus lateralis, medialis, intermedius dan rectus femoris

3) Ekstensi paha dan fleksi tungkai, melibatkan otot-otot biceps femoris, semitendinosus dan semimembranosus serta juga melibatkan otot-otot gluteus maximus dan minimus

4) Fleksi lutut dan kaki, melibatkan otot gastrocnemius, peroneus dan soleus

5) Aduksi dan abduksi paha, melibatkan otot-otot gluteus maximus dan minimus dan adductor longus, brevis, magnus, minimus dan hallucis.

Berdasarkan dua pendapat tersebut menunjukkan bahwa, dengan latihan pliometrik single leg speed hop dan mengembangkan otot-otot tungkai bawah. Latihan pliometrik yang melibatkan otot-otot tungkai bawah yang dilakukan dengan cepat dan kuat, maka akan terbentuk power otot tungkai yang memadai.

Pelaksanaan latihan pliometrik single leg speed hop menurut M. Furqon H. & Muchsin Doewes (2002: 35) sebagai berikut:

1) Posisi awal: Ambillah posisi sikap berdiri seperti pada latihan pliometrik double leg speed hop, tetapi hanya menggunakan satu tungkai dalam posisi selama berlatih dan jagalah keseimbangannya.

2) Pelaskanaan: mulailah latihan seperti pada latihan pliometrik double leg speed hop, tetapi dengan satu tungkai. Pada saat di atas atau di udara kedua lutut dilipat. Jika tumpuan atau tolakan menggunakan kaki kanan, maka pada saat mendarat juga menggunakan kaki kanan. Lakukan 2-4 set, jumlah ulangan 8-12 kali untuk tiap kaki, dan waktu istirahat kira-kira 2 menit di antara set.

Untuk lebih jelasnya berikut ini disajikan ilustrasi latihan pliometri single leg speed hop sebagai berikut:




Posted by Anggar Tombak on 08:53. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Latihan Pliometrik Single Leg Speed Hop"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented