|

Mengenal Jenis-jenis Kucing Terbesar dan Kuat di Dunia

KawandNews.com - Kucing yang kita kenal secara umum adalah kucing yang kita jadikan peliharaan atau hewan kesayangan di rumah. Namun, tahukan anda bahwa terdapat banyak kucing dengan ukuran besar yang hidup di dunia bahkan hidup liar di alam? Berikut ulasannya :

1. Harimau (Panthera Tigris)

Harimau adalah kucing terbesar . Harimau terkecil adalah Harimau Sumatera dan yang terbesar adalah Harimau Siberia. Kucing ini memiliki lebih dari 100 loreng pada tubuhnya dan berbeda baik jumlah, variasi, atau pola antara satu dengan lainnya. Harimau jantan dapat mencapai berat hingga 320 kg, sedangkan harimau betina mencapai 180 kg. Mangsa hewan ini adalah kijang, rusa, kencil, babi, dan lainnya. Tidak seperti kucing, harimau sangat suka berenang dan bermain air.


2. Singa (Panthera Leo)

Berat hewan yang identik dengan bulu lebat di sekitar leher ini mencapai 225 kg (jantan) dan 150 kg (betina). Singa betina lebih aktif berburu sementara singa jantan lebih senang duduk santai dan menunggu hasil buruan betina. Akibat perburuan, habitat singa kini hanya meliputi sebagian kecil India dan Afrika













3. Jaguar (Panthera Onca)
Hewan yang bagi sebagian orang serupa dengan macan tutul ini hidup di Meksiko Utara, Amerika Tengah, Paraguay, dan Argentina Utara dan Selatan. Berat jaguar dapat mencapai 190 kg. Totol pada jaguar lebih besar dengan titik di tengahnya, lebih sedikit dari segi jumlah, lebih gelap, dan dengan garis lebih tebal (jika di bandingkan dengan leopard).



4. Macan Tutul/Leopard (Panthera pardus)

Hewan ini memiliki bulu kuning kecoklatan, dengan bintik hitam. Bintik pada bagian kepala biasanya berukuran lebih kecil. Hewan ini adalah hewan penyendiri. Hewan yang aktif pada malam hari ini memburu semua hewan di sekitar habitatnya, di antaranya adalah burung, monyet, ikan, pengerat, dll.







5. Cheetah (Acynonix jubatus)


Hewan ini adalah hewan tercepat di darat. Mampu mencapai kecepatan 110 km/jam, dengan akselerasi 0-100 km dalam waktu 3,5 detik. Cheetah adalah hewan yang terkenal pintar. Mereka berburu dengan cara efektif, yaitu menangkap kaki belakang mangsanya, kemudian mencengkeram lehernya hingga mangsa kehabisan darah.






6. Macan Tutul Salju (Uncia uncia)

Spesies ini memiliki ukuran tubuh sepanjang 130 cm, dengan panjang ekor mencapai 100 cm. Identik dengan bulu keabu-abuan bertitik hitam. Macan tutul tidak dapat mengaum ataupun mendengkur. Hewan ini tersebar mulai dari Afganistan hingga pegunungan Tibet bagian Timur.







7. Kucing Emas (Catopuma temmincki)

Dengan tubuh berwarna kuning kecoklatan, belang hitam dan putih pada bagian pipi, warna putih di antara mata, serta garis hitam memanjang pada muka. Hewan ini lebih kecil daripada Harimau Sumatera. 









8. Puma

Hewan yang juga di kenal dengan nama Cougar ini hidup di benua Amerika. Lebih dekat dengan keluarga kucing ketimbang singa.









9. Macan Dahan (Neofelis diardi)

Merupakan kucing liar yang berukuran sedang, di temukan di Kalimantan pada 2006. 










10. Kucing Batu Pardofelis marmorata)

Kucing yang terkenal gesit ini memiliki bulu indah. Karena keindahan tersebut, hewan ini sering di buru untuk di ambil kulitnya.











(EW).












Posted by Eni Winarti on 11:49. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Mengenal Jenis-jenis Kucing Terbesar dan Kuat di Dunia"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented