|

Mengenal Motif Batik Daerah Jambi

KawandNews.com - Batik adalah salah satu warisan tradisional negara kita. Meskipun pada awalnya batik dari Jawa adalah batik yang paling banyak di kenal, namun kita juga dapat menjumpai batik yang berasal dari daerah lain di Indonesia. DI pulau Sumatera, kain tradisional yang banyak di kenal adalah sejenis kain songket atau kain ulos khas Medan. Sebenarnya, ada satu propinsi di Sumatera yang memiliki warisan batik, yaitu Jambi.

Motif batik daerah Jambi pada umumnya di ambil dari nama-nama flora atau fauna atau keragaman lokal yang ada di daerah tersebut. Satu keunikan dari batik Jambi adalah, nama motif di berikan kepada setiap motif, atau per-satuan motif, yang lebih di kenal di sana dengan istilah ceplok-ceplok. Namun demikian, dalam pemakaiannya motif ini tidak di gunakan atau di cetak sendiri-sendiri, tetapi di kombinasikan dengan motif lainnya untuk nilai keindahannya.

Berikut beberapa contoh motif batik asli daerah Jambi :

Motif Durian Pecah

Motif Tampuk Manggis
 

Motif Kapal Sanggat
 

Motif Bungo Melati (Bunga Melati)
 

Motif Angso Duo (Dua Angsa)
 

Motif Bungo Kopi (Bunga Kopi)
 

Motif Nanas
 

Gambar di atas adalah beberapa contoh motif batik asli daerah Jambi. Pada awalnya batik Jambi beredar terbatas di kalangan Kesultanan saja, namun seiring berjalannya waktu, batik Jambi sudah dapat menyebar luas dan di pasarkan secara bebas.

Apakah anda berniat mengoleksi kain batik khas daerah Jambi ini? Silahkan kunjungi Jambi dan bawa batik tersebut untuk menempati deretan salah satu koleksi batik anda.

(EW).




Posted by Eni Winarti on 13:49. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Mengenal Motif Batik Daerah Jambi"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented