|

Beberapa Tips Agar Anak Terhidar dari Cyber Crimer


KawandNews.com -  Kasus kejahatan dari dunia maya memang saat ini menduduki peringkat atas dalam beberapa tahun terakhir. Banyak penjahat itu memanfaatkan dunia maya sebagai salah satu media yang sangat bagus mendulang kesenangan mereka. Yang sangat sering korban dari kejahatan cyber dari dunia maya adalah jejaring sosial seperti Facebook atau twitter.

Namun kasus itu sangat berbahaya untuk anak - anak yang masih belum paham dengan berbagai kondisi yang disebut sebagai cyber crime. Untuk itu hukumnya memang wajib bagi orang tua saat ini yang hidup dengan perkembangan kemajuan teknologi mengenalkan beberapa aspek yang tidak boleh dilakukan agar terhindar dari kejahatan cyber crime.

Contoh tindakan antisipasi cyber crime untuk anak sebagai berikut :
  1. Katakan kepada anak anda soal kasus-kasus kriminal yang terjadi akibat dipicu “teman” Facebook, atau “teman” di internet lain. Cukup googling saja, Anda akan menemukannya.
  2. Pesan singkat dari E- Mail atau chatting untuk tidak mudah percaya ke “teman” di dunia maya yang belum dikenal secara nyata, sebaik apapun dia. Karena kabanyakan kebaikan mengandung maksud jahat.
  3. Jangan berbagi data pribadi dalam jejaring sosial apapun itu seperti nomor telepon rumah, nomor ponsel, alamat rumah, alamat sekolah, nomor rekening, atau semua yang memungkinkan “teman” dunia maya. Karena itu peluang cyber crime lakukan kejahatan.
  4. Tekankan untuk tidak memosting  banyak  berbagi foto pribadi, terlebih lagi yang dalam pose vulgar, akan merugikan si anak di kemudian hari. Bahkan anak di bawah umur pun bisa jadi objek kaum pedofil dan pelecehan seksual.
  5. Berikan peringatan bahayanya menemui “teman” dunia maya di dunia nyata, kendati sebaik apapun atau sedahsyat apapun rayuannya. Bangkitkan kembali kisah-kisah kejahatan oleh “teman” dunia maya yang pernah terjadi yang sudah termuat dalam media.
  6. Komunikasi yang baik dengan tidak lewat jalan kekerasan akan menjadikan anak lebih mudah diberikan masukan. Mayoritas anak atau remaja yang mudah percaya dengan “teman” dunia maya adalah mereka yang merasa kurang diperhatikan oleh orang tua.




Posted by Unknown on 06:22. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Beberapa Tips Agar Anak Terhidar dari Cyber Crimer"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented