|

Ampere, Sang Penemu Satuan Arus Listrik

KawandNews.com - Andre Marie Ampere merupakan seorang ahli matematika dan fisika yang memilki daya ingat yang sangat luar biasa. Beliau dikenal dengan karya besarnya ada bidang listrik, yaitu penemuan satuan untuk arus listrik, ampere, sesuai dengan namanya. 





Ampere lahir di Perancis, dan merupakan anak dari saudagar kaya raya, sekaligus juga menjadi sosok ayah yang mengajarkan tentang pendidikan dasar padanya. Ampere menunjukkan bakatnya yang luar biasa dalam bidang matematika, sehingga pada usia yang masih belasan tahun, ia sudah mempelajari karya-karya para ahli yang terkenal. Ayahnya dihukum mati pada tahun 1793, ketika terjadi perlawanan Perancis timur terhadap raja. Karena seluruh harta kekayaannya disita, Andre jatuh miskin dan terpaksa menjadi guru pribadi untuk mencari nafkah.

Pada tahun 1799, Andre menikah dan menjadi guru besar ilmu fisika di Bourgh dari tahun 1801 - 1803. Saat itu beliau menerbitkan risalah kecil, namun cukup meyakinkan, tentang statistik permainan adu nasib. Ketika ia kembali ke Lyouns, isterinya meninggal dunia, dan ia menjadi guru besar matematika di Sekolah Tinggi Politeknik di Inggris. Beliau mengajar hingga akhir hidupnya. Meskipun Andre terpukul dengan kematian ayah dan istrinya, namun pribadinya tetap tidak berubah, tetap menjadi pribadi yang hangat.

Tahun 1820 adalah tahun dimana Ampere mulai melakukan perubahan terhadap hidupnya. Hal ini berawal dari pertemuan yang diadakan oleh Akademi Perancis, yang membuktikan sebuah penemuan terhadap perubahan jarum kompas terhadap kawat yang di alirkan pada arus listrik. Berdasarkan penemuan inilah, Ampere melakukan beberapa percobaan. Namun, hanya membutuhkan waktu beberapa minggu saja, dia berhasil menemukan perkembangan yang signifikan, yaitu "Hukum Ampere", yang menyatakan bahwa suatu arus yang berjalan pada suatu kawat atau benda penghantar listrik lainnya (ke utara) akan membelokkan arah jarum kompas (timur). Ampere juga memperjelas perincian yang lebih lanjut mengenai penemuannya, sehingga hal ini membawanya pada julukan "The Founder of Electricmagnetism". Penemuan Ampere ini, menjadi dasar dari teori elektromagnetikyang kemudian diajukan oleh Maxwell di tahun 1865.




Posted by Captcharea on 22:39. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Ampere, Sang Penemu Satuan Arus Listrik"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented