|

Empat Tradisi Seram Asli Indonesia

Kawandnews.com - Indonesia memang gudangnya tradisi yang beraneka ragam. Dari sabang hingga merauke, tradisi ini merupakan warisan kebudayaan suku-suku di Indonesia. Yuk kita simak beberapa tradisi yang seram di Indonesia.


1)      Perang Pandan, Bali
Tradisi ini ada di Tenganan, Kabupaten Karangasem, Bali. Perang Pandan (Mekare-kare) adalah ritual kebudayaan yang rutin dilakukan setiap tahun. Dua orang pemuda desa akan saling bertarung dengan menggunakan daun pandan berduri. Nggak tanggung-tanggung, duri-duri pandan itu akan memecut tubuh keduanya sampai luka dan berdarah. Jangan salah sangka, tradisi ini tidak bermaksud untuk mencari musuh, melainkan menghibur.

2)      Potong jari, Papua
Jika salah satu anggota keluarga Suku Dani ada yang meninggal, maka sang mama akan memotong jarinya. Dalam tradisi ini, ruas jari dipotong menggunakan kampak batu yang khusus untuk memotong jari. Si pemotong adalah ketua suku sendiri. Meskipun tradisi ini sekarang sudah tidak dilakukan, jika kamu mengunjungi Kampung Obia, Distrik Kurulu, Wamena, kamu masih akan menemui mama-mama dengan jari-jari yang sudah terpotong.

3)      Potong daun telinga, Papua
Masih dari Suku Dani, sang mama juga akan memotong daun telinganya jika ada kerabat atau sanak keluarga yang meninggal. Bagi kita, tentu ini sangat ekstrim. Tapi bagi mereka, ini adalah bentuk penghormatan dan tanda bela sungkawa yang terdalam.

4)      Tradisi Ngayau, Kalimantan Tengah
Tradisi Ngayau adalah tradisi yang dilakukan oleh keturunan laki-laki Suku Dayak Tomun di Desa Bakonsu, Lamandau untuk keluar kampung mencari tumbal kepala manusia karena salah satu keluarganya meninggal dunia.
Sekarang, tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi.




Posted by Unknown on 16:49. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Empat Tradisi Seram Asli Indonesia"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented