|

Kota Solo Dapat WTN Kencana, Apa Itu WTN Kencana?

KawandNews.com - Kota Solo merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang mendapatkan penganugerahan Wahana Tata Nugraha (WTN) Kencana dari pemerintah. WTN Kencana merupakan penganugerahan pertama kali semenjak 20 tahun terakhir.


Selama itu, tidak ada satupun kota yang mendapatkan penganugerahan WTN Kencana. Hal itu dikarenakan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam penilaiannya. “Selama ini yang mendapatkan WTN banyak. Tapi yang mendapatkan WTN selama 5 kali berturut-turut dan sampai ke WTN Kencana, saat ini hanya Kota Solo,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo Yosca Herman Soedrajat kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (29/5).

Untuk memperoleh WTN Kencana diperlukan perjuangan yang cukup tinggi. “Dalam penilaian dari tahun ke tahun, nilainya harus selalu naik,” tambahnya.

Salah satu tolak ukur penilaian WTB Kencana, menurut Yosca adalah pada grand design penataan sistem transportasi dalam kota dan manajemen lalu-lintas yang ada di Kota Solo. Dijelaskan, penataan konsep grand design tersebut memakan waktu yang sangat panjang, sekitar 8 tahun lamanya. “Membangun sistem transportasi di Solo punya grand design yang dimulai sejak 2005,” terangnya.

Ia menjelaskan, dalam grand design yang dirintis Pemkot Solo meliputi penataan pengendalian lalu lintas, pengendalian dan pengadaan program keselamatan, mengoperasikan kendaraan umum massal (publik transport), revitalisasi Terminal Tirtonadi, dan pembangunan sarana pendukung lainnya. “Kita mulai menata ini mulai dari 5 tahun sampai 10 tahun. Kita tidak bisa dalam sekejap bisa mewujudkannya, memerlukan proses yang lama,” tegasnya.

Dari proses itulah, Kota Solo mendapatkan WTN Kencana. “Untuk mencapai sempurna itu sesuatu hal yang sulit. Perlu dukungan penuh dari pemerintah baik kebijakan maupun anggarannya,” tuturnya.
sumber: http://www.timlo.net/baca/29474/solo-satu-satunya-kota-yang-dapat-wtn-kencana/




Posted by Anggar Tombak on 15:00. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Kota Solo Dapat WTN Kencana, Apa Itu WTN Kencana?"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented