|

Daftar Gunung-gunung Tertinggi di Indonesia


KawandNews.com - Bagi anda pecinta alam atau pendaki gunung, sudah berapa puncak gunung yang anda datangi untuk memuaskan hobi tersebut? Sudahkan salah satu dari puncak tertinggi ini yang anda daki?

1. Puncak Jayawijaya, Papua
Puncak Jayawijaya terkenal dengan puncaknya yang di tutupi oleh salju. Dengan ketinggian 4.884 mdpl, puncak ini menjadi puncak tertinggi di Indonesia. Di kenal juga dengan nama lain yaitu Carstenz Pyramid.

2. Puncak Mandala, Papua
Dengan tinggi mencapai 4.760 mdpl, puncak Mandala adalah puncak tertinggi kedua di Indonesia, dan merupakan bagian dari pegunungan Jayawijaya. Sebelum tahun 2003, puncak ini masih sering di tutupi salju, namun pemanasan global menyebabkan salju tersebut kini meleleh.

3. Puncak Trikora, Papua
Puncak ini sebelumnya pernah menempati posisi gunung tertinggi kedua di Indonesia, namun ternyata puncak Mandala menyainginya. Dengan ketinggian 4.750 mdpl, puncak ini terletak di sebelah timur Barisan Sudirman. Dengan nama lain adalah Wilhemina Peak.

4. Ngga Plimsit, Papua
Memiliki ketinggian 4.717 mdpl, gunung ini terletak di sebe;ah barat Maoke, Papua. Berjarak sekitar 21 km dari puncak Jaya.

5. Gunung Kerinci, Jambi
Gunung dengan ketinggian 3.805 ini sekaligus menjadi gunung tertinggi di Sumatera. Masuk ke komplek Bukit Barisan, Sumatera Barat dan Jambi.

6. Gunung Rinjani. NTB
Gunung yang terletak di Lombok ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Pesonanya sudah tersohor kemana-mana dan mengundang banyak pendaki untuk mendatanginya.

7. Gunung Semeru, Jawa Timur
Gunung dengan nama lain Mahameru ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan sekaligus menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa.

8. Gunung Sanggar, NTB
Satu komplek dengan Rinjani, gunung ini memiliki ketinggian 3.492. Namun, kepopulerannya kalah oleh Rinjani sehingga masih jarang pendaki yang menyambanginya.

9. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan
Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.478 dan sekaligus merupakan gunung tertinggi di pulau Sulawesi.

10. Gunung Slamet, Jawa Tengah
Gunung tertinggi kedua di pulau Jawa ini memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Meskipun memiliki medan yang cukup sulit, namun gunung yang terletak antara perbatasan Brebes, Purbalingga, Pemalang, dan Banyumas ini selalu berhasil mengundang pendaki untuk mencoba menaklukannya.

(EW).




Posted by Eni Winarti on 16:07. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Daftar Gunung-gunung Tertinggi di Indonesia"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented