|

Bagaimana Agar Tidur Berkualitas?



Manusia melakukan istirahat dengan tidur. Jika waktu tidur  kurang atau berlebih akan mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri untuk memperoleh tidur berkualitas, bagaimana caranya?

1.   Jumlah jam tidur ideal
Jumlah jam tidur yang ideal adalah 7-9 jam per hari.

2.   Tidur lebih awal
Biasakan tidur sebelum jam 23.00, karena sel-sel tubuh melakukan fungsi perbaikan dan pemulihan pada jam 23.00 – 01.00. Misalnya, empedu menetralkan racun pada periode ini.

3.   Ritme tidur yang tetap
Biasakan tidur dan bangun di waktu atau jam yang sama dalam setiap hari. Hal ini membantu tubuhmu untuk memiliki ritme tidur dan lebih mudah bangun di pagi hari.

4.   Biasakan tidur dalam keadan gelap
Cahaya yang mengenai matamu akan mengganggu irama sirkadian dari kelenjar pineal dan produksi melatonin serta serotonin. Hal ini mengganggu kualitas tidurmu. Kamu dapat mematikan lampu kamar, menggunakan lampu redup, atau tidur dengan penutup mata.

5.   Hindari makan sesaat sebelum tidur
Proses pencernaan dapat mengganggu tidur. Memakan biji-bijian atau gula menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah), sehingga terjadi kelaparan dan gangguan tidur.

6.   Hindari nonton TV sebelum tidur
Tayangan TV merangsang ke otak sehingga dapat menyebabkan sulit untuk tidur. Hal yang sama berlaku untuk menghindari kebiasaan membaca 'buku serius' sebelum tidur. Jika kamu membaca sebelum tidur, pilihlah buku-buku yang santai dan damai.

7.   Hindari penggunaan jam beker atau alarm keras untuk membangunkan anda
Hal ini membuat badanmu sangat stres karena terbangun secara tiba-tiba oleh suara keras. Kamu seharusnya tidur sampai tubuhmu secara alami terbangun. Jika kamu memerlukan alarm, gunakan simulator cahaya matahari, yang memancarkan cahaya secara bertahap sampai intensitas penuh selama 45 menit, sama seperti matahari pagi.

8.   Rileks sebelum tidur
Kamu dapat mendengarkan tiruan suara alam dan mungkin akan membuat cepat tertidur. Kamu juga dapat rileks misalnya dengan melakukan meditasi atau yoga. Musik yang lembut juga dapat membantumu tetap tenang.




Posted by Unknown on 18:32. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Bagaimana Agar Tidur Berkualitas?"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented