|

5 Makanan Unik Khas Solo


Kota Solo tidak hanya dikenal dari event budaya yang diselenggarakan rutin setiap tahun seperti Solo Batik Carnaval tetapi juga dari keanekaragaman kulinernya. Beberapa kuliner yang hanya dapat dijumpai di sekitar Solo adalah :

Cabuk Rambak
Makanan ini berisi ketupat dengan bumbu yang dibuat dari wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri dan gula merah. Makanan ini disantap dengan karak, krupuk berbahan dasar beras.

Sate Kere
Sate ini berupa sate tempe gembus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu.Sebelum dibakar, sate ini direndam dalam bumbu khas dan digunakan bumbu kacanguntuk menyantapnya.

Pecel Ndeso
Nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi, dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam.

Sate Buntel
Sate kambing yang dicincang halus, diberi bumbu bawang dan merica, kemudian dibuntel (bungkus) dengan lemak kambing. Sate ini dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat.

Gempol Pleret
Gempol pleret terbuat dari tepung beras kasar yang dibuat bulatan-bulatan berdiameter sekitar 1,5 cm. Bulatan ini kemudian disiram dengan kuah santan dan gula kelapa.




Posted by Unknown on 18:28. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "5 Makanan Unik Khas Solo"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented