|

Latihan Lempar Lembing Secara Langsung dan Tidak Langsung

KawandNews.com - Latihan lempar lembing secara langsung merupakan bentuk latihan yang di lakukan dengan cara sebenarnya. Rusli Lutan (1988: 419) menyatakan,”pendekatan secara langsung yaitu guru atau pelatih mengajarkan secara langsung teknik yang sebenarnya.

Para siswa diminta untuk meakukan gerakan dalam teknik dasar. Meskipun demikian, latihan tersebut dapat diatur dalam kondisi yang paling mudah dari teknik sebenar-benarnya”.


Latihan lempar lembing secara langsung merupakan bentuk latihan teknik lempar lembing sebenarnya. Dalam hal ini pelatih mengajarkan teknik lempar lembing yang sederhana.

Latihan lempar lembing secara langsung didasarkan pada kesiapan kondisi siswa. Gerakan ketrampian lempar lembing yang sulit dan kompeks bukan merupakan kendala dalam latihan lempar lembing secara langsung.

Pada latihan lempar lembing secara langsung semua siswa dianggap telah siap dengan tugas ajar yang akan diberikan oeh pelatih.. Ditinjau dari hukum belajar gerak, pembeajaran lembar lembing secara angsung termasuk dalam hukum kesiapan (law of readiness).

Sugiyanto dan Agus Krisyanto (1998: 2) menyatakan, ”Hukum kesiapan (law of readiness) menyatakan bahwa belajar akan langsung sangat efektif jika pelaku pelajar berada dalam suatu kesiapan untuk memberikan respon.

Dengan kata lain, belajar berlangsung secara efektif bila pelaku telah siap memberikan respon untuk beradaptasi dengan stimulusnya”.

Pelaksanan Latihan Lempar Lembing Secara Langsung

Latihan lempar lembing secara langsung yaitu belajar menggunakan lembing asli dengan ukuran yang sebenarnya untuk ukuran junior. Menurut Aip Syarufudin (1992: 159) bahwa :

Lembing yang dapat dipergunakan dalam perlombaan ada 2 macam yaitu :

a) Untuk junior dan putri : Beratnya 600 gram(atau dengan variasi berat antara 605-620 gram) dan Panjangnya antara 2,20 – 2,30 meter.

b) Untuk putra : Beratnya 800 gram(atau dengan variasi berat antara 805-825 gram) dan Panjangnya antara 2,60 – 2,70 meter. Pelaksanaan latihan lempar lembing secara langsung yaitu peneliti menerangkan teknik lempar lembing yang benar yaitu cara pegang lembing, awalan, sikap badan waktu akan melempar, cara melempar lembing dan gerak lanjut.

Pada awalnya peneliti menerangkan perbagian teknik lempar lembing gaya hop yang selanjutnya dirangkai menjadi teknik rangkaian gerakan lempar lembing gaya hop.

Yaitu berupa rangkaian dari gerakan awalan sikap badan waktu akan melempar, cara melempar lembing dan gerak lanjut.

Latihan Lempar Lembing Secara Tidak Langsung

Memodifikasi latihan adalah sangat penting agar tujuan latihan tercapai dengan baik. Modifikasi dibutuhkan apabia kondisi latihan ini dapat diakukan pada berbagai aspek tergantung tingkat kesulitan dari gerakan keterampilan yang dipelajari.

Rusli Lutan & Adang Suherman (2000: 69) menyatakan bahwa”Modifikasi peralatan berarti guru atau pelatih dapat mengurangi atau menambah tingkat kompleksitas dan kesulitan tugas ajar dengan memodifikasi peralatan yang digunakan untuk melakukan skill itu”.

Pendapat lain dikemukakan Yoyo Bahagia & Adang Suherman (1999/2000 :1) bahwa:

Esensi modifikasi adalah menganalisa sekaligus mengembangkan materi pelajaran atau latihan dengan cara meruntunkan daam proses aktivitas belajar atau berlatih yang potensial dapat memperlancar siswa dalam latihannya. Cara ini dimaksudkan untuk menuntun, mengarahkan dan membelajarkan siswa dari yang tadinya tidak bisa menjadi bisa dari tingkatnya yang tadinya rendah menjadi lebih tinggi.

Berdasarkan dua pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa modifikasi merupakan usaha atau cara yang dilakukan oleh seorang pelatih, di mana dalam pelaksanaan latihan pelatih dapat mengurangi atau menambah tingkat kompeksitas latihan.

Jika keterampilan yang dipelajari sulit atau rumit, maka pelatih dapat mengurangi atau menyederhanakan latihan keterampilan yang dipelajari terutama untuk pemula.

Namun sebaliknya jika keterampilan yang dipelajari sederhana sedangkan atlet telah terlatih, maka dapat ditambah tingkat kompleksitas gerakan yang di pelajari.




Posted by Anggar Tombak on 16:46. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Latihan Lempar Lembing Secara Langsung dan Tidak Langsung"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented