|

Kandungan dan Cara Kegunaan Purwoceng

KawandNews.com - Penggunaan tanaman obat dibidang pengobatan pada prinsipnya tetap didasarkan pada prinsip-prinsip terapi seperti pada penggunaan obat modern. Oleh karenanya informasi kandungan senyawa aktif tanaman obat mutlak diperlukan.

Umumnya tanaman obat jarang memiliki bahan senyawa tunggal, sehingga sulit untuk memastikan kandungan aktif mana yang berkasiat untuk pengobatan penyakit tertentu. Misalnya khasiat akar tanaman purwoceng (Pimpinella alpina) yang diketahui dari pengalaman-pengalaman orang kemudian berkembang menjadi image berkasiat sebagai aprodisiak, ternyata mengandung turunan dari senyawa sterol, saponin dan alkaloida.Adapun hasil dari uji fitokimia menunjukkan bahwa simplisia maupun ekstrak mengandung alkaloid, saponin, tanin, glikosida, triter penoid-steroid, plavonoid dan fenolik.

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam purwoceng diantaranya alkaloid, flavonoia dan polifenol yang terdiri dari limonea, anisketone, asam kafeat dan stigmasterol. Porwoceng juga mengandung banyak mineral antara lain : Fosfor (0,70%), Kalium (4,53%), Sulfur (0,52%), Kalsium (1,90%), Magnesium (0,27% ), Seng (79,83ppm).

Efek farmakologis purwoceng diantaranya sebagai diuretic dan obat lemah syahwat. daun dan akar purwoceng dapat digunakan untuk mengobati lemah syahwat dan susah kencing. Adapun pembuatan ramuannya yaitu dengan mencuci bersih 5 g daun purwoceng, keringkan lalu tumbuk sampai halus. Seduh serbuk purwoceng dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, saring air seduhannya lalu minum tiga kali sehari.




Posted by Anggar Tombak on 00:14. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Kandungan dan Cara Kegunaan Purwoceng"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented