|

Teknik dan Keterampilan Memukul Bola Softball

KawandNews.com - Teknik memukul bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola softball yang erat kaitannya dengan taktik dan strategi dalam penyerangan. Menurut Parno (1992:54) bahwa: ”Teknik memukul bola merupakan salah satu teknik dalam softball yang dilakukan oleh regu penyerang dengan melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pitcher”.

Perlunya bagi seorang pemain penyerang menguasai teknik memukul ini karena dalam upaya memperoleh nilai dan menyelamatkan dirinya atau membantu pelari lain untuk mencapai base berikutnya. Oleh karena itu penguasaan teknik memukul bola bagi seorang pemain khususnya bagi regu penyerang perlu dikuasai dengan baik dan benar. Karena dalam memukul bola tidak semudah yang dibayangkan.

Bola yang dipukul harus bola yang melewati strikezone, atau dengan ketinggian setinggi lutut sampai dada pemukul.
Untuk jelasnya dapat diperhatikan dalam gambar 1 di bawah ini :


Teknik Dasar Memukul Bola
Teknik memukul bola dapat menyenangkan apabila pemain sudah mengembangkan teknik dengan baik. Oleh karena itu teknik memukul bola perlu dilatih dan dikembangkan bagi pemain.

Dalam melakukan teknik memukul bola, perlu memperhatikan beberapa hal, seperti yang dikemukakan oleh A. Sarumpet, dan kawan-kawan (1992:167) bahwa: ”Untuk melakukan pukulan terhadap bola, perlu diperhatikan beberapa prinsip, seperti memegang bat, sikap kaki, posisi badan gerakan kaki dan ayunan lengan, posisi bat serta gerakan lanjutan (follow through).

Sedangkan menurut Parno (1992:59-62) bahwa: ”Untuk memukul bola perlu memperhatikan sikap awal, cara memegang pemukul dan ayunan (swing)”.

Berdasarkan dua pendapat tersebut apabila diperhatikan dalam permainan, saat memukul bola pemain harus benar-benar memperhatikan sikap awal, pegangan pada pemukul, gerakan ayunan pemukul dan gerakan lanjut.




Posted by Anggar Tombak on 00:46. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Teknik dan Keterampilan Memukul Bola Softball"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented