|

Tahapan Dalam Belajar keterampilan

KawandNews.com - Penguasaan suatu pola gerak keterampilan diperlukan jangka waktu tertentu. Penguasaan suatu kterampilan memerlukan proses pembelajaran yang cukup kompleks. Untuk mempelajari suatu keterampilan tiap atlet harus melalui proses yang terdiri dari beberapa tahapan aatau fase. Menurut Sugiyanto ( 1994 : 45 – 47 ) menyatakan bahwa proses belajar keterampilan dibagi dalam 3 fase :

(1)Fase kognitif atau fase awal
Agar bias melakukan gerak tertentu, terlebih dulu pelajar harus tahu tentang gerakan yang akan dilakukan. Gerakan diberikan singkat, jelas, serta berbentuk contoh atau model gerakan. Peragaan gerakan harus menonjolkan bagian-bagian penting yang menentukan keberhasilan pelaksanaan gerakan.

(2)Fase Asosiatif atau fase menengah
Suatu fase yang menghubung-hubungkan bagian-bagian gerakan yang telah mampu dilakukan sebelumnya. Dengan praktek berulang-ulang atau drilling rangkaian gerakan itu makin bisa dikuasai. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan semakin berkurang.

(3)Fase Otonom atau fase akhir
Suatu fase di mana gerakan-gerakan keterampilan sudah mampu dilakukan hamper secara otomatis. Gerakan dapat dilakukan dengan lancer, tidak terputus-putus, akurat, penampilan terbaiknya bias di capai secara ajeg.

Dalam tahap awal belajar keterampilan gerak pemain harus mengetahui dan memahami gerak yang benar dari informasi dan bayangan. Dalam fase kognitif, gerakan ynag akan dilakukan terkonsep di dalam pikiran. Dalam tahap asosiatif pemain telah meaguasai gerak yang benar, tetapi belum menjadi gerak otomatis. Dengan praktek berulang-ulang suatu gerakan makin dapat dikuasai. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan semakin berkurang. Tahap akhir dalam proses belajar keterampilan gerak adalah tahap otonom. Pada tahap otonom ini gerakan-gerakan keterampilan sudah mampu dilakukan hampir otomatis. Gerakan dapat dilakukan dengan lancar, tidak putus-putus, akurat, penampilan terbaiknya bisa dicapai secara ajeg. Otomatisasi gerakan ini dapat dicapai melalui latihan secara teratur dan berulang-ulang.

Untuk mempelajari suatu pola gerak keterampilan diperlukan jangka waktu tertentu. Lama waktu yang diperlukan untuk mempelajari suatu keterampilan sesuai dengan jenis keterampilan yang dipelajari. Semakin kompleks jenis keterampilan gerak yang dipelajari, waktu yang diperlukan semakin lama.




Posted by Anggar Tombak on 11:45. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Tahapan Dalam Belajar keterampilan"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented