|

Inilah Ciri-Ciri Beban Latihan Jasmani

KawandNews.com - . Beban latihan harus ditentukan dengan tepat agar proses latihan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang optimal. Beban latihan atau loading merupakan suatu bentuk latihan jasmani dan rohani atlit untuk mencapai prestasi olahraga. Adapun ciri-ciri beban latihan jasmani menurut Sudjarwo (1992:15) adalah sebagai berikut :

1.Intensitas
Adalah merupakan ukuran kesungguhan dalam melakukan latihan yang betul pelaksanaannya. Apabila kita dapat melaksanakan penuh sesuai dengan kemampuan ini berarti kita menjalankan intensitas 100% (maksimal), tingkat intensitas dapat dibedakan :
- 100% atau lebih : kategori super maksimal.
- 100% penuh : kategori maksimal.
- 80% s/d 99% : kategori sub maksimal.
- 60% s/d 79% : kategori medium.
- 59% s/d kebawah : kategori rendah.

2.Duration
Adalah lamanya waktu latihan seluruhnya (penuh) setelah dikurangi dengan waktu yang dipergunakan untuk latihan.

3.Frekuensi
Adalah berapa kali suatu latihan dilakukan setiap minggunya.

4.Ritme
Merupakan irama dari latihan atau repetisi yang dipergunakan misalnya berat dan ringannya latihan atau tinggi rendahnya tempo latihan.
Pada penelitian ini program yang dimaksud adalah suatu program latihan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan teknik heading dalam permainan sepakbola. Selain untuk meningkatkan kemampuan melakukan heading juga bertujuan untuk memupuk kebiasaan bergerak dan memperbaiki sikap agilitas serta ketrampilan dalam bergerak.




Posted by Anggar Tombak on 00:52. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Inilah Ciri-Ciri Beban Latihan Jasmani"

Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented