Optimasi Long Keyword VS Short Keyword, mana yang lebih efektif
Dalam dunia blogging dan bisnis online,salah satu cara yang sering digunakan untuk mendatangkan trafik adalah melalui SEO (Search Engine Optimization).Dan salah satu hal yang dioptimasi dalam SEO adalah keyword.Dan pada Tips SEO kali ini,saya ingin sharing mengenai optimasi Long keyword dan Short Keyword.Mana yang menurut anda lebih efektif?
Jawabannya adalah :
Tergantung tujuan dari optimasi anda,dan tujuan untuk apa web/blog anda dibuat.
Jika tujuan anda membuat web/blog adalah untuk tujuan bisnis,maka saya menyarankan lebih baik anda mengoptimasi Long Keyword daripada Short Keyword.Kenapa? Selain Long keyword lebih mudah untuk dioptimasi,anda juga akan mendapatkan pengunjung yang tertarget.Orang yang datang ke web bisnis anda adalah orang yang benar-benar sedang mencari produk yang anda jual.
Contoh kasus:
Jika anda adalah orang yang ingin belajar bisnis online,anda ingin mencari panduan bisnis online online yang tepat untuk anda,kira-kira keyword apa yang ketikkan di Google?
Ada beberapa kemungkinan keyword yang akan anda ketikkan,seperti :
Keyword 1 : BISNIS ONLINE
Keyword 2 : PANDUAN BISNIS ONLINE
Keyword 3 : PANDUAN BISNIS ONLINE PEMULA
Keyword 4 : PANDUAN BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA
Jika anda mengoptimasi keyword 1,dan optimasi anda berhasil,saya sangat yakin anda akan mendapatkan banyak trafik ke web/blog anda,tapi pengunjung tersebut tidak semuanya tertarget.Mungkin kebanyakan diantara mereka hanya orang yang sedang mencari info saja tentang bisnis online,tidak bermaksud untuk membeli.
Jika anda optimasi dengan keyword ke 4,dan optimasi anda berhasil,anda mungkin tidak akan mendapatkan trafik sebanyak jika anda menggunakan keyword 1,tapi trafik yang anda hasilkan adalah trafik yang benar-benar tertarget,bahwa mereka adalah orang-orang yang sedang mencari panduan bisnis online untuk pemula,dan tingkat penjualan produk anda akan lebih tinggi.
Kalau saya mempunyai prinsip seperti ini :
Lebih baik saya mempunyai pengunjung 10 orang per bulan,dan dari 10 orang tersebut ada 7 orang yang membeli.Daripada saya mempunyai 1000 pengunjung per bulan,tapi hanya 2 orang yang membeli.Karena orientasi saya disini adalah MENJUAL PRODUK.
Lain halnya jika web/blog anda ditujukan untuk sharing informasi,bukan pure untuk menjual produk,optimasi dengan short keyword jauh lebih baik dari long keyword.Anda akan mendapatkan banyak trafik ke web/blog anda.