Membuat Usaha Kecil Rumahan
KawandNews.com - Menggunakan modal kecil serta sistem
manajemen sederhana dapat menghasilkan pendapatan lebih dari tiga kali lipat
dari hasil penjualan. Beragam jenis usaha kecil yang berkembang di Indonesia
menjadi idola bagi wirausaha muda sebagai berikut:
-
Usaha kecil rumahan
Beragam
jenis bisnis rumahan berkembang diberbagai daerah dengan bermodal kreativitas
dan keahlian bagi pemiliknya. Usaha rumahan ini dapat berbentuk jasa serta
barang seperti rumah makan, toko kelontong, kerajinan tangan, jasa service
elektronik atau otomotif, kue kering dan sebagainya.
-
Usaha kecil berbahan limbah
Alternatif
penyelamatan limbah untuk kepentingan bumi kita adalah melakukan daur ulang
limbah. Salah satu cara melakukan daur ulang limbah adalah kreativitas
kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Perkembangan sumber daya
manusia membuat berbagai macam cara kreativitas dilancarkan seperti pengelolaan
limbah menjadi kebutuhan bermanfaat. Produk berbahan dasar limbah ini mulai
diminati masayarakat karena keunikannya dan menjadi komoditi jual cukup
lumayan. Produk limbah ini seperti pembuatan tas dari bungkus plastik, membuat
papan pengganti triplek dari botol plastik, dan produk limbah lainnya.
-
Bisnis waralaba atau franchise
Trend bisnis
waralaba atau franchise ini menjadi pilihan favorit sekarang ini ditengah
pesatnya perekonomian dan teknologi. Waralaba menurut versi orang Indonesia
adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau
menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha
yang dimiliki pihak lain melalui suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang
ditetapkan oleh pihak lain dalam rangka penjualan barang dan jasa. Bisnis
waralaba yang sudah berkembang seperti percetakan, desain, multimedia, laundry,
konveksi, aksesoris dan sebagainya.
Pengaruh besar dari
keberadaan usaha kecil adalah dari tingkat kreativitas, promosi di wilayah
pemasaran, serta pengembangan jaringan untuk bahan baku dan penjualan. Jika
wirausahawan lemah dibidang tersebut kemungkinan akan menjadi kendala pada
perintisannya kelak. Proses kreativitas selalu berkembang jika melakukan
berbagai macam pelatihan maupun workshop-workshop pada bidang sama, dengan
begitu proses kreatif terus meningkat dan dapat diolah. Promosi dapat diatasi
melalui online dan jejaring sosial jika secara langsung susah dijalani, apalagi
saat ini banyak layanan online yang membantu peningkatan usaha kecil.
